Koneksi antar materi modul 2.2
Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran yang saya lakukan baik-baik saja sudah memenuhi standar, sehingga saya mengajar berdasarkan perencanaan dan tidak terlalu memperhatikan kondisi emosional siswa.
Setelah mempelajari modul ini, ternyata banyak hal baru yang saya pelajari berkenaan dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional. Dengan melakukan pembelajaran sosial dan emosional ini banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh murid, diantaranya adalah :
3Peningkatan 5 kompetensi sosial dan emosional yang akan menumbuhkan perilaku positif
Lingkungan belajar yang suportif yang dapat mengurangi perilaku negatif
Peningkatan sikap pada diri sendiri, respek, dan toleran terhadap orang lain
Pembelajaran sosial dan emosional (PSE) sendiri adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah dengan menerapkan pengetahuan, ketrampilan, sikap positif sosial dan emosional.
2. Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being), 3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah :
Kompetensi Sosial Emosuonal ( KSE ), meliputi :
Kesadaran Diri
Manajemen Diri
Kesadaran Sosial
Ketrampilan Berelasi
Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
Kesadaran penuh ( Mindfulness )
Kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan pengertian secara sadar /
sengaja pada kondisi sekarang. Praktik kesadaran penuh dilakukan dengan berlatih.
Salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah :
STOP :
Beberapa teknik lain yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan dan hobi Anda, seperti:
membuat jurnal, menggambar, mendengarkan musik, ungkapkan perasaan, dan fokus pada 3
hal yang dirasakan, dilihat dan didengar.
Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah,
4 indikator pembelajaran sosial dan emosional yang berkaitan dengan kelas dan
sekolah, yaitu:
Pengajaran eksplisit
Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik
Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah
Penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah
3. Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:
a. bagi murid-murid :
Saya akan mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional dalam
pembelajaran di kelas dengan mengintegrasikan KSE dalam kegiatan dan aktifitas
pembelajaran, menciptakan iklim kelas dan budaya positif sehingga menumbuhkan
perilaku yang positif yang akan membuat siswa merasa nyaman, aman berada disekolah (
wellbeing )
b. bagi rekan sejawat:
Bagi rekan sejawat saya akan mengimplementasikan PSE PTK melalui kegiatan belajar,
berkolaborasi dan menjadi teladan.
Keterkaitan dengan modul sebelumnya :
Materi dalam modul ini yaitu Pembelajaran sosial dan emosional ) PSE ) ini sejalan dengan peran pendidik yang disampaikan Ki Hajar Dewantara. Pendidik adalah penuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pemikiran KHD tersebut mengingatkan bahwa tugas pendidik sebagai pemimpin pembelajaran adalah menumbuhkan motivasi mereka untuk dapat membangun perhatian yang berkualitas pada materi dengan merancang pengalaman belajar yang mengundang dan bermakna. Kita merencanakan secara sadar pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan murid-murid untuk mewujudkan kekuatan (potensinya). Pembelajaran holistik yang memberikan mereka pengalaman untuk dapat mengeksplorasi dan mengaktualisasikan seluruh potensi dalam dirinya setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar