Selasa, 13 September 2022

Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

 Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas

Oleh : Andik Sam Sanjaya

CGP Angkatan 5 Kabupaten Jombang

Sumber : http://inovasimelayu.blogspot.com/

“Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik, Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan batin.” (Ki Hajar Dewantara)

1.  Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah berbagai usaha dan keputusan-keputusan yang masuk akal (common sense) seorang guru dalam menyesuaikan proses pembelajaran di kelas yang berorientasi kepada kebutuhan murid atau guna memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Bisa juga dikatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar murid dimana guru harus memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini disebabkan setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diperlakuan sama satu dengan yang lain. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid agar tujuan pembelajarn tercapai.

2.  Penerapan Pembelajarn Diferensiasi di Kelas terdapat tiga hal yaitu:

a. Diferensiasi Konten

Berkaitan dengan apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil belajar murid atau kombinasi dari ketiganya.

b. Diferensiasi Proses

Berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan oleh Guru. Dalam proses ini guru perlu memahami apakah murid akan belajar secara berkelompok atau mandiri.

c. Diferensiasi Produk

Berkaitan dengan produk yang akan dihasilkan oleh murid. Produk yang dimaksud merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukan pada guru. Produk ini bisa berbentuk karangan, tulisan, hasil tes, pertunjukan, presentasi, pidato, rekaman, diagram, dan sebagainya. Intinya produk ini harus mencerminkan pemahaman murid yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 3. Untuk mewujudkan pembelajaran yang mempunyai hasil maksimal, kita hendaklah mengidentifikasi kebutuhan murid dengan :

a. Kesiapan Belajar (Kesiapan belajar/readiness adalah kapasitas untuk mempelajari materi baru)

b. Minat Belajar (Minat adalah salah satu motivator penting bagi murid untuk dapat ‘terlibat aktif’ dalam proses pembelajaran)

c. Profil Belajar (merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dll.)


KONEKSI ANTAR MATERI

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Filosofi Pendidikan KHD

Fiosofi Pembelajaran KHD menegaskan bahwa pendidikan harus berpihak pada murid. Hal ini selaras dengan pembelajaran berdiferensiasi, dimana pembelajaran berorientasi kepada kebutuhan murid

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak 

Dalam memetakan kebutuhan belajar murid dibutuhan guru yang memiliki nilai reflektif terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaluinya bersama murid; harus inovatif membuat media pembelajarn yang sesuai dengan kebutuhan murid; dan harus mampu berkolaborasi dengan murid, sesama guru, dan orang tua murid untuk mendapatkan informasi tentang karakter belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Visi Guru Penggerak

Guru Penggerak memiliki Visi untuk melakukan perubahan positif pada pembelajaran yang berpihak pada murid. melalui strategi pendekatan Inquiry Apresiatif, guru akan menemukan kekuatan yang dimilikinya untuk mewujudkan VISI tentang murid impiannya

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Budaya Positif

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk atmosfir lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif terwujud karena adanya budaya positif yang lahir dari disiplin internal dalam komunitas belajar.  


Berikut dapat disimak juga Rangkuman Koneksi antar Materi  Melalui Youtube

Sumber Youtube Pribadi => AV Chanel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar