Minggu, 11 September 2022

HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF


HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 

BUDAYA POSITIF


Oleh: Andik Sam Sanjaya 
CGP Angkatan 5 Kabupaten Jombang


Latar Belakang 

Budaya positif di sekolah merupakan sebuah kesepakatan bersama yang diyakini bersama untuk dijalankan di sekolah. Budaya positif sangat penting bagi siswa dalam mengembangkan kodrat mereka oleh karena itu sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, sekolah yang ramah anak, agar murid-murid merasa nyaman, merdeka, dalam mengembangkan dirinya dengan penuh rasa tanggung jawab dan memiliki karekter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Salah satu strategi yang perlu ditinjau ulang adalah penerapan disiplin yang selama ini dijalankan di sekolah. Kesadaran akan penerapan disiplin belum berdasarkan motivasi internal, dimana pembiasaan positif yang diterapkan bukan disiplin positif, namun masih menganut sistem penghargaan dan hukuman. Model disiplin yang dibangun masih belum berpusat pada siswa selain itu posisi kontrol guru belum sampai pada tahap manajer melainkan sebagai penghukum dan pembuat siswa merasa bersalah. Sebagai pendidik, tujuan kita adalah menciptakan siswa-siswa yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berperilaku dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal dan memiliki motivasi internal. Siswa yang memiliki disiplin diri berarti mampu bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukannya. Bagaimana Peran kita sebagai pendidik dapat menumbuhkan disiplin diri pada diri siswa sehingga siswa mampu menggali potensinya menuju kepada sebuah tujuan, sesuatu yang dihargai dan bermakna, mengontrol diri, menguasai diri untuk memilih tindakan yang mengacu pada nilai-nilai yang dihargai.  Bagaimana budaya positif yang sudah ada disekolah berkembang menjadi karakter semua warga sekolah. Bagaimana pendidik menumbuhkembangkan budaya positif dalam mewujudkan karakter profil pelajar pancasila, dan bagaimana menerapkan disiplin restitusi di posisi monitor dan manajer sehingga lingkungan yang positif, aman dan nyaman dapat terwujud.

Deskripsi Aksi Nyata

Tujuan

Tujuan dari tindakan aksi nyata ini adalah:

  1. Menerapkan budaya positif di sekolah melalui kesepakatan kelas
  2. Menumbuhkan karakter pada siswa antara lain berakhak mulia, mandiri, tanggung jawab, disiplin, dan saling menghargai
  3. Berbagi pengalaman mengenai Budaya Positif yang telah dikembangkan di sekolah dalam lingkup KKG Kecamatan
  4. Menumbuhkan Budaya pusitif dalam pendidikan di wilayah kecamatan.

Linimasa Tindakan Yang  Dilakukan:

  1. Berkoordinasi dengan kepala sekolah, rekan guru, dan orang tua murid terkait Budaya positif yang akan dikembangkan di kelas
  2. Menanyakan pendapat murid tentang kelas belajar yang mereka inginkan
  3. Menanyakan ide dari murid tentang impian kelas belajar mereka seperti apa
  4. Mengambil kesimpulan dari semua masukan / pendapat murid dan membuatnya menjadi satu keyakinan kelas bersama
  5. Membuat hasil keyakinan kelas tersebut dalam sebuah poster dan menempelkannya didalam kelas agar murid dapat mengingatnya setiap waktu
  6. Pelaksanaan tindakan selama 4 minggu
  7. Berkoordinasi dengan Pengurus KKG
  8. Melakukan Penjadwalan untuk kegiatan berbagi pengalaman penerapan budaya positif
  9. Pelaksanaan berbagi dengan rekan sejawat di lingkungan KKG
  10. dokumentasi dan evaluasi kegiatan

Hasil Kegiatan Aksi Nyata

1. Koordinasi dengan Kepala Sekolah perihal Keinginan berbagi di Sekolah



2. Pelaksanaan penyampaian Budaya Positif kepada siswa di sekolah
3. Penerapan Kesepakatan Kelas
4. Praktik segitiga Restitusi
5. Evaluasi
6. Koordinasi dengan Pengurus KKG perihal Pengimbasan Budaya Positif


7. Pelaksanaan Pengimbasan




Materi Pengimbasan Budaya Positif di KKG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar