Selasa, 27 September 2022

2.2.a.9. Aksi Nyata - Modul 2.2



 Peristiwa

Kegiatan awal yang saya lakukan pada modul 2.2 yaitu saya melakukan aktivitas LMS dengan melewati tahapan alur MERDEKA yang di mulai dari tahapan Mulai dari Diri pada tanggal 12 September 2022 dan dilanjutkan Eksplorasi konsep tanggal 13-14 September 2022 dan 15 -16 September 2022 pada ruang kolaborasi. Pada ruang kolaborasi saya mendapat kelompok 2 pada bagian skenario pengembangan implementasi pembelajaran sosial emosional pada peserta didik dan pendidik serta tenaga kependidikan pada tingkatan Sekolah Dasar (SD) yang beranggotakan saya sendiri, Pak Andik, dan Bu Iim. Selanjutnya pada 17 -19 september pada ruang demontrasi kontekstual kami diarahkan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional. Selanjutnya pada 20-21 kami melakukan kegiatan diskusi pada ruang elaborasi pemahaman dengan instruktur sebagai pemateri. Dengan mengikuti kegiatan tersebut wawasan saya semakin bertambah mengenai pembelajaran sosial emosional. Aksi nyata dilakukan pada tanggal 22 September 2022 saya menuliskan sebuah deskripsi singkat tentang bagaimana menerapkan sosial emosional dalam kegiatan kita sehari-hari terutama di lingkungan tempat kita bekerja salah satunya dengan penerapan mindfulness dengan teknik STOP.

Perasaan

Walaupun di awal materi ini terasa sangatlah asing dan sulit dipahami akan tetapi lama-kelamaan dalam prosesnya saya merasa sangat senang dan antusias sekali mendapatkan materi pembelajaran sosial dan emosinal dan bagaimana kita bisa menerapkannya pada murid dan tenaga pendidik dan kependidikan lainnya. Materi mindfulness yaitu kesadaran penuh dalam pembelajaran sosial dan emosinal apalagi adalah hal yang penting. Selama ini saya juga melakukan hal bagaimana mengawali pembelajaran dan membuat murid bisa fokus tapi itu tidak bisa berjalan lama. Dengan teknik STOP untuk manajemen diri perlu diterapkan.. 

Pembelajaran

PSE membuat kita bisa mengontrol emosional diri kita dan juga dapat memberikan kenyamanan siswa dalam mencapai kesejahteraan psikologi sehingga siswa akan merasa dihargai sebagai manusia dan anggota masyarakat. Sebagai pendidik, PSE sangat bermanfaat dalam mengelola emosi, berempati dan semua Kompetensi Sosial dan Emosional lainnya.

Penerapan

Yang harus saya perbaiki adalah cara membelajarkan siswa dengan sosial emosional dengan meminta refleksi terhadap siswa dan teman sejawat, sehingga saya bisa memperbaiki kekurangan saya dan harapannya menjadi lebi baik di kemudian dari. Selain itu saya juga akan melakukan sosialisasi kepada teman sejawat baik di sekolah maupun melalui forum MGMP dengan berdiskusi, seminar, worshorp dan lainnya sehingga sebagai calon guru penggerak saya bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan di bidang pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar