Jumat, 18 April 2014

KELUH KESAH OPERATOR SEKOLAH

Nasib jadi Opertor Data di Sekolah membuat sebagian dari mereka menjadi galau tingkat tinggi.. Sering operator sekolah juga mendapatkan tekanan dari para guru bersertifikasi dan kepala sekolah. Ada beban moral operator agar mengisikan data-data secara benar dan tepat waktu.
Operator sekolah saat ini jadi kunci pengelolaan data pada Dinas Pendidikan, terkait dengan pengintegrasian seluruh data pokok pendidikan (dapodik) ke dalam sebuah aplikasi. Peran dan tugas tersebut sangat penting karena menyangkut pendataan tingkat sekolah yang harus bisa dipertanggungjawabkan.  Data itulah yang dipakai Kemdikbud untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.
Bahkan peng-input-an data itu menjadi tum­puan program BOS, DAK, subsidi BSM dan berbagai tunjangan untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Termasuk yang terkini adalah penerbitan surat keputusan tunjangan sertifikasi (SKTP) bagi PTK yang bersertifikat pendidik guna pencairan dana sertifikasi.
Kelihatannya tugas pokok operator sekolah pada dasarnya menyebarkan formulir pendataan kepada sekolah, PTK, dan peserta didik dalam rangka pengumpulan data untuk dimasukkan ke dalam aplikasi; memasukkan data sesuai dengan yang terisi di formulir pendataan, dan mengirim data itu ke server melalui aplikasi dapodik.
Tapi, perlu diketahui,ketika ma­lam, yang lain terlelap tidur, seorang operator  ha­rus bangun sekadar menunggu validasi melalui sinkronisasi data apli­kasi. Hampir tiap malam bega­dang untuk meng-input dan mengecek status data. Andai ada kesalahan data, misal karena masalah teknis, PTK tak mau tahu, dan selalu menyalahkan. Padahal apa yang didapat operator secara finansial tak sebanding dengan tugasnya.
Kesenjangan kesejahteraan sangat terasa atau bisa dikatakan sebagai ketidakadilan sistim bila melihat para guru bersertifikasi di sekolahnya yang menerima gaji tetap tiap bulan ditambah tunjangan profesi sebesar satu bulan gaji. Namun masih banyak operator sekolah yang mendapat gaji di bawah upah minimum regional.
Hal di atas hanya sedikit yang kita tahu, banyak hal lagi yang masih belum terungkap dari kegelisahan para operator sekolah.

Disini teman teman boleh membuat komentar, tentang apa, dan bagaimana keluh kesah kalian selama mennjadi seorang OPERATOR SEKOLAH. Semoga ada pihak dikemedikbud atau apapun yang tersntuh hatinya melihat komentar komentar teman teman semua....amin

SALAM SATU DATA 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar