Senin, 19 Agustus 2013

LANGKAH ENTERI/INPUT DATA SISWA PADAMU NEGERI

HAi rekan rekan OPS, didi sini saya akan membahas cara input data siswa pada aplikasi PADAMU NEGERI. Sebagaimana diketahui ternyata pekerjaan operator sekolah tidak hanya sampai sebatas memverval akun ptk namun ternyata lebih dari itu bahkan untuk Kepala Sekolah tidak bisa melakukan verval Lv.2 kalau isian data guru dan siswanya tidak lengkap .

Data siswa ini akan berguna saat LOGIN siswa pada aplikasi padamu negeri telah dibuka, yaitu tanggal  19 Agustus 2013. Dimana para OPS akan disibukkan dalam membimbing siswa melakukan isi angket EDS.

Berikut caranya :

Pertama, tentu buka link http://padamu.siap.web.id/ dan loginlah ke akun sekolah anda masing-masing
Kedua, saat sudah dalam akun, silakan klik gambar di atas yang mirip dengan topi raja seperti gambar dibawah ini

Ketiga, setelah anda mengklik itu maka akan berpindah ke suatu halaman seperti gambar dibawah ini maka klik tulisan Sekolah dan conteng Administrasi beta dan selanjutnya klik tab bertulis Siswa & Alumni seperti yang ada di gambar dibawah ini


Keempat, setelah anda melakukan hal tersebut maka akan tampil halam siswa & alumni, silakan anda klik dibagian siswa & alumni tulisan lihat semua fitur atau bisa juga klik tulisan siswa pada bagian sebelah kiri, seperti yang terlihat digambar bawah ini

Kelima, selanjutnya silakan klik tulisan daftar siswa, seperti gambar ini

Keenam, saat tampilan daftar siswa terbuka, lihatlah di sebelah kanan akan terlihat seperti gambar dibawah ini, klik tab yang bertulis upload data siswa

Selanjutnya, terakhir maka akan tampilan pop up yang berisi perintah mengupload data siswa seperti gambar dibawah ini, untuk mengetahui format siswa yang mesti diunggah silakan klik unduh format siswa kemudian silakan isi sesuai format tersebut dan jangan lupa filenya harus berekstensi XLS. Kalau sudah mengisi maka silakan klik pilih file dan cari file yang tadi anda simpan lalu klik unggah



Setelah rekan-rekan megunduh FORMAT SISWA, segeralah bekerja mengisi form pada XLS tadi dengan keterangan seperti dibawah ini untuk mencegah eror pada saat UNGGAH FILE.


 1. Nomor : adalah nomor Urut. boleh dikosongi
2. Kode Sistem : WAJIB UNTUK TIDAK DIISI (DIKOSONGI)
3. NO INDUK : isikan dengan nomor Induk siswa di masing masing lembaga dengan membubuhkan tanda
 ( ' ) pada saat awal menulis. ex : '2356
4. NISN : isikan dengan NISN siswa  (bukan NOMOR INDUK SEKOLAH), jika belum mempunyai, silahkan dikosongi saja. Bubuhkan tanda  ( ' ) sebelum NISN. ex : '1234567891
5. NAMA : isikan dengan nama lengkap siswa sesuai dengan akta kelahiran/surat keterangan lahir
6. JENIS KELAMIN : isikan huruf P untuk perempan dan L untuk laki-laki
7. TEMPAT LAHIR : isikan dengan tempat lahir siswa sesuaai dengan akta kelahiran/surat ket lahir
8. TANGGAL LAHIR : isikan dengan membubuhkan tanda ( ' ) kemudian diikuti dengan tahun-bulan-tanggal lahir siswa. ex : '2003-07-25
9. ALAMAT : isikan dengan Jalan/Gang/dusun lokasi siswa tinggal.
10. TINGKAT : diisi dengan kelas berapa siswa sekarang. ex : '5
11. TAHUN MASUK : diisi kapan tahun masuk siswa tersebut di sekolah sekarang. penulisan diawali dengan membubuhkan tanda ( ' ). ex : '2008

* TIPS :
1.  Gunakan huruf balok/Kapital untuk mengisi data siswa.
2. gunakan tanda ( ' ) sebelum menulis angka
3. data siswa bisa di COPAS dari data DAPODIK.

jika sudah melakukan pengisian data EXCEL, maka tinggal melakukan UPLOAD data yang telah di ketik tadi. beres dah




16 komentar:

  1. yang dientri data siswanya semua siswa yang ada atau hanya yang akan mengisi EDS y mas ??

    BalasHapus
  2. dienteri semua mas.tp utamakan enteri 30 dahulu dan isi EDSnya, biar KEPSEK bisa VERVAL2

    BalasHapus
  3. Setelah entri 30 siswa kemudian melengkapi edsnya, apa bisa nanti siswa yang selanjutnya belakangan dientri...?

    BalasHapus
  4. bisa brow.aku juga gt.kuutamain yg 30 untuk EDS.baru sisanya menyusul setelah KepSek bintang 4.

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. sama-sama mas ruslan.trimakasih dah berkunjung n baca tulisan jelekku.hehehe;)

      Hapus